Jika anda sering membaca buku-buku tentang investasi dalam beberapa bulan terakhir, maka anda tahu bahwa saya akan berbicara banyak tentang cara menyimpan uang. Hal ini dikarenakan menjadi penyewa adalah kebiasaan finansial yang baik. Kita semua harus memfokuskan diri untuk menyimpan uang guna menghadapi hal-hal yang sangat penting. Saya akan menunjukkan cara untuk menyimpan uang dalam kasus hipotek, membeli mobil, berbelanja online, asuransi dan masih banyak lagi. Jika anda belum bisa mengatakannya maka saya sangat senang untuk menghemat uang. Entah itu adalah kupon, rabat, cash-back, penggunaan kartu kredit, ataupun negosiasi. Saya berharap agar lebih banyak orang yang bisa menyimpan banyak uang setiap harinya sehingga kehidupan finansial mereka pun semakin membaik.

Namun sayang, kita kerap melakukan kesalahan dalam salah satu aspek dari tabungan dan itu adalah kesalahan yang besar.

Meskipun saya dapat memberitakan bahwa anda harus meluangkan waktu untuk mencari layanan lain yang dapat menyimpan uang lebih banyak, namun saya tidak pernah berbicara tentang poin terang. Saya pikir ini akan menjadi waktu yang tepat untuk membahas poin yang tidak terlihat ini, tetapi juga memastikan bahwa setiap orang membutuhkan poin ini dalam pertimbangannya sebelum mengambil resiko untuk menghemat uang lebih banyak. Ada beberapa kasus dimana perubahan akan dikenakan biaya yang lebih dari itu dan otomatis akan menyelamatkan anda. Hal ini juga dapat terjadi saat anda membeli sesuatu untuk menggantikan item yang sudah usang.

Kita semua tentu akan sangat bersemangat saat mengetahui adanya kesempatan untuk menyimpan uang. Saya tahu bahwa saat saya memiliki kesempatan untuk menyimpan uang pada layanan bulananku, saya akan segera mengerjakannya. Saya mengetahui bahwa perasaan “uang tabungan” dan terkadang bisa menjadi terlalu jauh didepan dalam proses perubahan. Dengan semakin mahalnya kebutuhan hidup, saya harus bekerja keras untuk menyimpan uang bulanan. Kita semua tentu ingin menyimpan uang, tetapi berapa biayanya? Disinilah poin terang akan dimainkan.

Poin terang disini memiliki banyak arti, tergantung pada apa saja referensi yang anda gunakan. Dalam hal keuangan pribadi dan menyimpan uang, ini adalah titik dimana modal awal dipenuhi oleh tabungan secara kumulatif. Dalam bisnis, ini adalah dimana biaya dan pendapatan yang sama. Berikut ini adalah contoh sederhana saat kita berurusan dengan layanan ponsel.

  • Tagihan bulanan yang sebenarnya: US$ 140
  • Biaya berhenti berlangganan: US$ 300
  • Tagihan provider baru: US$ 90
  • Biaya peralatan pada awalnya: US$ 400
  • Tabungan bulanan: US$ 50
  • Poin terang: 14 bulan

Dengan contoh ini, anda bertanggung jawab untuk biaya berhenti berlangganan. Dengan ditambahnya biaya ini, anda sekarang bertanggung jawab atas biaya senilai US$ 700 di muka sebelum anda beralih provider. Saat anda masih menghemat biaya US$ 50 /bulan, ini akan mengambil waktu 14 bulan untuk beristirahat bahkan sebelum anda memulai untuk benar-benar menabung setiap bulannya. Dengan alasan ini, anda ingin menunggu sampai anda tidak memiliki biaya berhenti berlangganan sebelum membuat anda beralih. Beralih provider tidak akan menguntungkan anda, sampai anda tidak perlu membayar biaya berhenti berlangganan.

Saya telah merenungkan pilihan untuk mendanakan kembali cicilanku. Harga sangat rendah dan saya mungkin bisa menghemat hingga 1% pada tingkat bunga. Ini akan menjadi tabungan yang baik perbulannya, sekitar US$ 200. Saat tabungan itu membuat dana yang terus mengalir, saya melihat ke dalam proses pendanaan kembali dan menyadari bahwa hal tersebut bukan untuk saya pribadi.

Hal ini dikarenakan:

Pertama, saya adalah seorang wiraswasta. Saya berhenti dari perkerjaan dan kembali pada bulan November tahun yang lalu, sekitar 2 tahun setelah saya membeli rumah pribadi. Meskipun hal ini membuat saya bebas, hal ini menyebabkan masalah saat anda harus memenuhi syarat untuk sesuatu seperti pendanaan kembali. Saya memiliki jumlah nominal yang baik dari tabungan dan keuntungan yang baik juga, tetapi saat anda tidak memiliki pekerjaan tetap atau jejak kertas untuk menunjukkan seberapa baik yang anda lakukan selama beberapa tahun terakhir, maka hal ini dapat menjadi perjuangan keras untuk memenuhi syarat pendanaan kembali. Hal ini sangat riil bagi kita.

Kedua, biaya penutupan untuk pendanaan kembali dapat mengganggu. Kita semua tahu bahwa biaya penutupan diperlukan untuk mendapatkan kredit, tetapi banyak yang lupa tentang biaya penutupan untuk pendanaan kembali. Tergantung seberapa banyak hutang anda dan bagaimana rumah anda dinilai, anda mungkin harus menempatkan uang di muka untuk mendapatkan tingkat pendanaan kembali. Setelah menambahkan biaya-biaya tersebut ke dalam situasi ini, saya menyadari bahwa hal itu akan mengambil waktu kurang lebih 2 tahun untuk mencapai poin terang pada pendanaan kembali. Kali ini adalah faktor utama dalam keputusan saya untuk tidak membiayai kembali hipotek tersebut. Saat tabungan dikatakan menyenangkan, ini  tidak membuat finansial menjadi masuk akal. Meskipun saya akan menghemat uang setiap bulannya, saya masih kehilangan sepotong hal baik tepat didepan.

Satu hal yang saya ingin semua orang untuk memahami dari postingan ini adalah bahwa poin terang harus selalu dipertimbangkan saat anda berpikir tentang merubah pelayanan, pendanaan kembali atau keputusan finansial lainnya yang melibatkan “pelanggaran”. Saya berbicara dengan banyak orang setiap hari tentang keuangan dan sangat sedikit yang memikirkan tentang poin terang. Setelah saya menjelaskan matematika sederhana untuk menghitung poin impas, banyak yang memiliki pendapat yang berbeda tentang pilihan mereka.

Banyak orang Amerika yang memiliki pola pikir untuk menabung adalah suatu hal yang lebih baik daripada tabungan jangka panjang. Contoh terbesar dari kasus ini adalah ponsel yang disubsidi oleh operator seperti Verizon dan AT&T. Mereka akan “mensubsidi” pembelian ponselmu untuk mendapatkan anda dalam kontrak berdurasi 2 tahun. Saya senang saat melihat kontrak itu putus, tetapi orang sekarang lebih rela untuk membayar perbulan demi “alasan finansial” karena mereka tidak mampu membelinya di muka. Pada akhirnya, mereka membayar lebih untuk ponsel daripada membelinya secara tunai.

Kita semua harus membuat keputusan finansial yang sulit di sepanjang hidup kita. Kita harus selalu berpikir tentang “menabung sekarang dibandingkan menabung nanti”. Disaat kita mungkin tidak mendapatkan tabungan “instan” yang dimana kita sudah terbiasa didalamnya, kita kemungkinan besar akan menghemat lebih banyak uang di sepanjang waktu dan itulah yang akan kita semua coba untuk lakukan. Apabila anda memerlukan lebih banyak uang didalam saku maka anda harus mulai ‘tuk berpikir tentang poin terang anda.